SILATURAHMI DAN PENGAJIAN RUTIN BULANAN KOMEK

Assalamualaikum wr.wb 😊

SALAM MERAH!!! Keep Fastabiqul Khairat.

Alhamdulillah telah terlaksana Pengajian Rutin Bulanan KOMEK pada Hari Jumat, 19 Januari 2018 di Masjid tercinta Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Magelang. Yang diselenggarakan oleh Bidang Dakwah Komisariat Ekonomi bekerja sama dengan KORKOM. Diikuti oleh Ormawa UMMagelang seperti IMM UMMagelang, DPM, BEM, UKM dan HMJ.
            Kali ini tema yang diangkat adalah “ Meneguhkan Iman Dalam Diri Pemuda Muslim Zaman Now” oleh Ust Abu Hamman Kiryani, BA [Lc]. Beliau alumni dari Ma’had Aly Al Furqon pada tahun 2005 dan alumni Al Madinah International University tahun 2012. saat ini beliau sedang merintis Pesantren At Taqwa Al Islami Di Borobudur.Tujuan dari kegiatan silaturahmi dan pengajian rutin bulanan ini adalah untuk meningkatkan persaudaraan antar ormawa UMMagelang, menggugah semangat pemuda pemudi mahasiswa kampus dalam berislam, dan menekan kan budaya hedonis di ranah kampus.
            Kegiatan ini tentunya Akan dilaksanakan setiap bulannya di Masjid Kampus 1 Magelang.
Adapun Ketua panitia IMMawan Khalid Hamzah  menyampaikan sedikit motivasi dalam sambutan nya : “Jika kita menyandingkan dua kata pemuda dengan masjid, pemuda dengan kehidupan islami, itu selalu menjadi dua kata yang sangat amat jauh sekali, karena pemuda identik dengan nafsu yang bergelora, syahwat yang tinggi dan subhat yang kuat. Namun jika kita temui pemuda bisa berkumpul dalam rumah Allah SWT seperti ini, bisa berkumpul dalam sebuah majelis ilmu akan menjadi sesuatu yang sangat luar biasa. Jika kita lihat lagi keadaan saat ini, betapa ironisnya ketika pemuda yang harusnya menjadi agen of change justru menjadi pemuda yang begitu liberal, begitu bebas pemuda-pemuda yang ada di mall dan pemuda-pemuda yang ada di diskotik, karena itu kami selaku panitia mengangkat tema “Meneguhkan Iman Dalam Diri Pemuda Muslim Zaman Now”. Dapat disimpulkan bahwa pemuda yang tumbuh dirumah Allah swt, maka ia akan mendapat naungan dari Allah swt. Diusia muda ketika iman kita ditambah dan kebaikan kita bertambah maka Allah swt akan memberikan kebaikan yang banyak. Rasulullah mengatakan dalam hadist “Barang siapa yang oleh Allah swt di kehendaki kebaikan maka kita akan menyibukan diri dengan hal-hal kebaikan“

Allah swt berfirman dalam surah Al Mujadilah ayat 11 :

يَٰٓأَيُّهَاٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِذَا قِيلَ لَكُمۡ تَفَسَّحُواْ فِي ٱلۡمَجَٰلِسِ فَٱفۡسَحُواْ يَفۡسَحِ ٱللَّهُ لَكُمۡۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُواْ فَٱنشُزُواْ يَرۡفَعِ ٱللَّهُٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَٰتٖۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعۡمَلُونَ خَبِيرٞ ١١

Artinya: Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramudan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan




Iman kepada Allah swt bukan kebutuhan Allah swt, tetapi kebutuhan kita kepada Allah SWT. Barangsiapa yang beramal sholih, baik itu wanita maupun pria, maka sesungguhnya Allah akan hidupkan dia dengan kehidupan yang bagus. Kita sebagai pemuda diwajibkan memperbanyak zikir, karena letika masih muda hati kita mudah goncang. Orang-orang yang beriman kepada Allah SWT maka akan tenang dengan cara zikir.

Jadi, ada empat hal yang harus dilakukan oleh pemuda untuk mengokohkan iman dalam dirinya yaitu mencari ilmu, menyibukkan diridalam kegiatan organisasiyang bermanfaat, berzikir dan berdoa.
Demikian sedikit gambaran dari acara “SILATURAHMI DAN PENGAJIAN RUTIN BULANAN” IMM KOMEK , Billahi fisabililhaq fastabiqulkhairat.

Wassalamu’alaikum wr.wb. 😁